.
Digital Agency

Kampanye Marketing Brand Awareness Industri Otomotif Keren Dari The AA

2 days ago

The AA (The Automobile Association) adalah sebuah organisasi otomotif di Inggris yang menyediakan berbagai layanan terkait mobil, termasuk asuransi mobil, bantuan pinggir jalan, layanan perbaikan, dan penjualan mobil bekas. The AA telah ada di jalanan Inggris sejak 1905, tetapi mereka kehilangan relevansi di kalangan pemuda Inggris. Untuk melindungi pertumbuhan The AA di masa depan, The AA harus mengubah perilaku media The AA untuk meningkatkan brand awareness merek dan menunjukkan bahwa merek tersebut memahami kebutuhan pengemudi muda.

 

Kampanye Marketing Brand The AA X LADbibli "Buying Used Car

The AA mengutamakan kampanye marketing di Tiktok dan membawa merek tersebut ke dalam jantung budaya pemuda Inggris melalui kemitraan jangka panjang dengan LADbible, publisher sosial terbesar di dunia untuk milenial dan Gen Z.

LADbible menemukan "banger" Inggris yang mewakili mobil nyata dan pengalaman berkendara anak muda. Mereka memasangkannya dengan nama-nama paling ikonik dari favorit kultus pemenang penghargaan BAFTA People Just Do Nothing. Dua seri konten di TikTok dan IG mencerminkan situasi berkendara yang relevan dan menunjukkan bahwa The AA memahami anak muda. Di video ini, MC Grindah memberikan tips membeli mobil second ala anak gaul yang dikoreksi oleh petugas dari "The AA"

Link video campaign

 

“It’s Ok, I’m With The AA”

Iklan musim panas ini menampilkan video orang biasa yang menjalani kehidupan sehari-hari tetapi mengalami masalah mobil. Namun, tidak ada yang tidak bisa diselesaikan oleh The AA, karena solusinya selalu muncul di akhir dengan slogan kampanye, "It's OK, I'm with The AA" (Tenang saja, saya dengan AA).

Film utama kampanye ini, sebuah video berdurasi 60 detik, menyajikan empat skenario lucu di mana The AA datang untuk menyelamatkan. Yang pertama memperlihatkan seorang ayah secara tidak sengaja mengisi bahan bakar mobilnya dengan bahan bakar yang salah saat keluarganya menunggu dengan bersemangat untuk liburan mereka. "It's OK, I'm with The AA," katanya kepada kasir, kecewa namun penuh harapan, mengetahui bahwa The AA akan mengurusnya dengan baik.

 

Klip kedua terjadi di kantor dokter, saat seorang pasien duduk di tempat tidur sebelum rontgen menyala dari kunci mobil di perutnya. Bahkan dalam keadaan seperti itu, seseorang dapat menyerahkannya kepada The AA untuk membantu. Klip berikutnya adalah permainan lucu antara dua kekasih, yang terhenti karena pasangan menelepon karena ban kempes. Tidak masalah, karena "Dia bersama AA."

Selain film utama, kampanye ini menampilkan beberapa film pendek. Dalam satu, perampokan bank menjadi kacau ketika kendaraan pelarian terlalu panas. Di lain, meteorit menabrak mobil keluarga. The AA juga menyediakan layanan dan perbaikan kendaraan, terbukti dalam klip di mana lampu hazard berkedip di dasbor mobil, mendorong pengemudi untuk berseru, "Ini bukan mobil, ini pohon Natal yang meriah!"

 

Mengapa Kampanye Marketing The AA Berhasil ?

 

Kampanye pemasaran "It's OK, I'm With The AA" diluncurkan oleh The AA, perusahaan layanan otomotif terkemuka di Inggris, untuk merebut kembali perhatian generasi muda dan meningkatkan relevansi merek di kalangan pengemudi muda. Kampanye ini berhasil menarik perhatian dan disukai banyak orang karena beberapa alasan:

 

1. Pesan yang Relevan dan Menghibur:

Kampanye ini menggunakan humor dan situasi yang relevan dengan kehidupan pengemudi muda. Iklan-iklannya menampilkan situasi tak terduga yang bisa membuat stres, seperti ban kempes atau mogok di tengah jalan, namun pengemudi tetap tenang karena mereka tahu The AA akan membantu mereka. Pesan "It's OK, I'm With The AA" memberikan rasa aman dan percaya diri, sesuatu yang sangat dihargai oleh pengemudi muda.

2. Kolaborasi dengan LADbible:

The AA bermitra dengan LADbible, platform media sosial populer di kalangan milenial dan Gen Z, untuk menjangkau audiens yang ditargetkan secara efektif. LADbible membantu The AA membuat konten yang sesuai dengan selera dan preferensi anak muda, termasuk video-video lucu dan meme yang mudah dibagikan di media sosial.

3. Penggunaan Influencer:

Kampanye ini juga memanfaatkan kekuatan influencer untuk memperluas jangkauannya. The AA bekerja sama dengan tokoh-tokoh populer di kalangan anak muda, seperti Chabuddy G dari acara TV "People Just Do Nothing," untuk mempromosikan layanan mereka dengan cara yang lebih menarik dan otentik.

 

Strategi Sosial:

  • Konten yang Menarik: The AA membuat konten video dan gambar yang lucu, menghibur, dan relevan dengan kehidupan pengemudi muda. Konten ini dirancang untuk mudah dibagikan di media sosial dan memicu percakapan.
  • Hashtag yang Kuat: Kampanye ini menggunakan hashtag #ItsOKImWithTheAA untuk menyatukan percakapan di media sosial dan meningkatkan visibilitas merek.
  • Interaksi dengan Audiens: The AA secara aktif berinteraksi dengan audiens di media sosial, menjawab pertanyaan, memberikan dukungan, dan bahkan mengadakan kontes untuk meningkatkan keterlibatan.
  • Kemitraan dengan Influencer: Kemitraan dengan LADbible dan influencer seperti Chabuddy G membantu The AA menjangkau audiens yang lebih luas dan membangun kredibilitas di kalangan anak muda.

 

Kampanye "It's OK, I'm With The AA" berhasil meningkatkan kesadaran merek, pertimbangan, dan preferensi merek di kalangan pengemudi muda. Kampanye ini juga membantu The AA memperkuat citranya sebagai merek yang modern, relevan, dan memahami kebutuhan generasi muda.