.
TikTok

Strategi FYP Tiktok : 15 Cara Menemukan Trend Terbaru yang Viral

3 weeks ago
Strategi FYP Tiktok : 15 Cara Menemukan Trend Terbaru yang Viral


Sosial media berkembang pesat, begitu juga dengan tren TikTok. Tren TikTok adalah ciri dalam video TikTok yang membuatnya menarik bagi audiens. Bagaimana cara menemukan tren TikTok? Temukan jawabannya dengan tips dan ide penemuan tren TikTok berikut ini.

Baca juga artikel lainnya tentang Tiktok

Cara Menambah Follower Tiktok

Kenapa Akun Tiktok Cuma 100 Followers bisa FYP?


 

Contoh Tren TikTok

Ketika berbicara tentang tren TikTok, ada beberapa aspek menarik yang patut kamu perhatikan. Dari tren pandangan dari atas hingga ide-ide buruk yang mungkin mengundang kontroversi, tidak bisa dipungkiri bahwa TikTok terus menghadirkan inovasi dan kesenangan bagi para penggunanya. Mari kita eksplorasi lebih dalam untuk memahami tren-tren menarik di platform ini.

Tren Pandangan dari Atas

Satu contoh tren yang mencuri perhatian adalah tren "pandangan dari atas." Pada akhir tahun 2023, tren ini mulai populer di TikTok. Tiga karakteristik utama yang membuat gaya TikTok ini menjadi tren adalah:

  • Sudut kamera. Premis dari tren TikTok ini adalah dengan menempelkan ponsel Anda ke langit-langit untuk mendapatkan sudut kamera yang unik dan menantang.

  • Lagu. Contoh tren TikTok ini menggunakan klip dari lagu TikTok, yaitu "Surround Sound" oleh rapper JID, yang sedang populer saat itu.

  • Editing. Untuk menyesuaikan dengan irama lagu, inti dari tren ini adalah beralih antara ekspresi serius dan kesenangan.

Kamu dapat menonton contoh TikTok yang mengikuti tren ini di sini.

 

Tren Ide Buruk

Tren "ide buruk" mulai populer saat musim panas tahun 2023. Ini adalah contoh tren TikTok yang menggunakan dua tema yang sama secara konsisten, yaitu:

  • Lagu. Tujuan dari tren TikTok ini adalah untuk menggunakan klip populer dari lagu "bad idea right?" oleh Olivia Rodrigo.

  • Plot. Semua video yang mengikuti tren TikTok ini menampilkan pembuat konten melakukan sesuatu yang membutuhkan keputusan besar atau berarti. Hal ini bertujuan untuk mencocokkan refleksi Rodrigo dalam lagunya yang mengatakan "Seeing you tonight, it’s a bad idea right?"

Simak contoh tren TikTok ini di sini.

Video lainnya di sini.

 

Tren 'Saya Menikah di Italia'

Contoh tren TikTok terakhir ini memiliki konsep yang cukup cerdas dan lucu. Trend ini bermain dengan klip audio dari salah satu adegan kamera pengakuan Kim Kardashian dari acara Hulu keluarganya, "The Kardashians." TikTok dengan tema "Saya menikah di Italia" dimaksudkan untuk bercanda tentang orang lain meniru Anda, seperti yang diungkapkan Kim kepada saudaranya karena meniru pernikahannya dalam klip tersebut.

Amati contoh tren TikTok ini dalam aksi di sini

Video video lainnya di sini.

Menemukan cara untuk menggunakan psikologi dalam pemasaran saat membuat TikTok dengan panduan gratis ini!

Itulah beberapa contoh tren yang menarik di TikTok. Dengan memahami tren ini, kamu dapat menciptakan konten TikTok yang relevan dan unik untuk bisnis kamu. Jangan ragu untuk mengeksplorasi kreativitasmu sendiri dan melibatkan audiensmu dengan cara yang menarik dan berbeda!

 

Cara Menemukan Tren TikTok menggunakan TikTok Creative Center dan lainnya

Jika Anda ingin membuat konten TikTok yang viral dan menarik perhatian banyak orang, penting untuk mengetahui tren terkini di platform ini. Dengan lebih dari 625 juta video TikTok ditonton setiap menit, tren TikTok dapat berubah dengan cepat. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menemukan tren TikTok menggunakan TikTok Creative Center dan sumber daya lainnya:

Lihat top creator

Salah satu cara untuk mengetahui tren di TikTok adalah dengan memeriksa kreator teratas. Anda dapat melihat video dari kreator TikTok terkemuka dan influencer di bagian Tren TikTok Creative Center. Hal ini tidak hanya akan membantu Anda menemukan tren TikTok dengan melihat pola yang diikuti oleh kreator teratas, tetapi juga dapat menemukan influencer potensial untuk bekerja sama dengan merek Anda.

Lihat tab video TikTok yang sedang tren

Di tab Video Tren TikTok Creative Center, Anda dapat melihat video yang sedang tren di TikTok tanpa memandang apakah video tersebut berasal dari kreator dengan banyak pengikut atau tidak. Ini adalah tempat yang bagus untuk menemukan video-viral yang dapat Anda tiru, duet, atau jahit.

Periksa hashtag populer

Di TikTok Creative Center, di bawah tab Tren, tab Hashtag memungkinkan Anda untuk melacak hashtag TikTok yang sedang tren terkait dengan industri Anda. Anda juga dapat menggunakan kolom pencarian untuk menemukan hashtag terkait kata kunci yang ingin ditargetkan oleh bisnis Anda.

Temukan lagu-lagu populer

Bagian terakhir dari bagian Tren di TikTok Creative Center adalah tab Lagu. Di sini, Anda dapat menemukan klip suara TikTok yang sedang tren dan lagu-lagu untuk digunakan dalam video Anda. Ada dua bagian, yaitu bagian populer yang dapat membantu Anda menemukan lagu yang paling sering digunakan dalam rentang waktu tertentu, dan Anda dapat menyaring lagu yang disetujui untuk penggunaan bisnis. Bagian breakout mencakup lagu dan klip suara yang dibuat oleh pengguna yang sedang naik daun, yang dapat membantu Anda mendahului tren TikTok.

Gunakan Perpustakaan Musik Komersial TikTok

Di samping bagian Tren dalam Creative Center, Anda dapat menggunakan Perpustakaan Musik Komersial TikTok untuk mencari tren. Perpustakaan ini menyimpan semua musik yang sudah disetujui untuk konten TikTok organik dan Iklan TikTok. Ada banyak cara Anda dapat menyaring dan menyortir hasil Anda untuk menemukan lagu-lagu yang sedang tren dan sesuai dengan konten Anda.

Dengan memanfaatkan TikTok Creative Center dan sumber daya lainnya, Anda dapat dengan mudah menemukan dan mengikuti tren TikTok untuk menciptakan video TikTok yang relevan dan unik untuk bisnis Anda.

 

6 Cara lain untuk melakukan Penemuan Tren TikTok (di luar TikTok Creative Center)

Anda telah mendapatkan gambaran tentang bagaimana menggunakan TikTok Creative Center untuk menemukan tren TikTok yang relevan dan unik untuk video bisnis Anda. Namun, selain dari itu, ada beberapa cara lain yang dapat Anda gunakan untuk menemukan tren TikTok yang sedang populer di luar TikTok Creative Center. Berikut adalah enam strategi tambahan yang dapat Anda coba:

1. Lihat YouTube Shorts

YouTube Shorts dapat menjadi sumber inspirasi yang bagus untuk menemukan tren TikTok. Karena format video pendeknya yang mirip dengan TikTok, Anda mungkin menemukan konsep yang sedang tren di YouTube Shorts juga populer di TikTok.

2. Lihat apa yang sedang tren di Instagram Reels

Instagram Reels adalah platform lain di mana Anda dapat menemukan video pendek yang sedang tren. Melihat tren di Instagram Reels dapat membantu Anda memahami konsep dan gaya yang sedang digemari oleh pengguna media sosial.

3. Lihat pada kinerja historis Anda

Melihat kembali kinerja video TikTok Anda sebelumnya juga bisa menjadi cara yang efektif untuk menemukan tren. Analisis data historis dapat memberikan wawasan berharga tentang jenis konten yang berhasil dan gagal, membantu Anda menyesuaikan strategi konten Anda dengan tren yang sedang berlangsung.

4. Gunakan kalender perencanaan pemasaran Anda

Memanfaatkan kalender perencanaan pemasaran Anda dapat membantu Anda merencanakan konten yang relevan dengan peristiwa atau musim yang sedang berlangsung. Dengan mempersiapkan konten yang sesuai dengan momen, Anda dapat menarik perhatian pengguna dengan lebih efektif.

5. Coba pencarian video Google

Mencari tren TikTok melalui pencarian video Google juga dapat memberikan wawasan yang berharga. Dengan memeriksa video yang populer dan relevan di platform selain TikTok, Anda dapat menemukan inspirasi baru untuk konten TikTok Anda.

 

Memanfaatkan penemuan tren TikTok untuk keuntungan Anda

Ada banyak cara untuk melakukan penemuan tren TikTok untuk bisnis Anda. Meluangkan beberapa menit saja untuk memahami tren TikTok dapat membuat perencanaan konten Anda menjadi mudah.

Namun, jika Anda tidak punya waktu untuk terus memantau tren TikTok, tidak apa-apa juga! Lihat bagaimana solusi kami dapat membantu bisnis Anda memanfaatkan tren media sosial di TikTok dan sekitarnya.

Berikut ini cara melakukan penemuan tren TikTok menggunakan TikTok Creative Center:

  • Lihat kreator top: 
  • Lihat tab video TikTok yang sedang tren
  • Tinjau hashtag populer
  • Baca perspektif tren TikTok
  • Temukan lagu populer
  • Gunakan perpustakaan musik komersial TikTok
  • Teliti strategi kreatif TikTok yang sukses
  • Gunakan perpustakaan Iklan TikTok
  • Temukan kata kunci yang sedang tren dengan wawasan kata kunci
  • Temukan produk TikTok yang sedang tren
  • Jelajahi FYP TikTok Anda sendiri
  • Gunakan halaman penemuan tren TikTok

Cara lain untuk melakukan penemuan tren TikTok (di luar TikTok Creative Center):

  • Lihat YouTube Shorts
  • Lihat apa yang sedang tren di Instagram Reels
  • Rujuk pada performa historis Anda
  • Gunakan kalender perencanaan pemasaran Anda
  • Coba pencarian video Google